ENGKOS KOSWARA

TENDIK DINDIKPORA PEMALANG

KOMENTAR

269 responses to “KOMENTAR

  1. sri hartini Mei 31, 2011 pukul 9:00 am

    ingin tahu pengumuman nama sertifikasi guru tahun 2006 s.d. 2010

    • latifah Februari 20, 2015 pukul 3:52 pm

      Assalamualaikum pak, saya mau minta tolong. bagaimana cara mencari nomor uk 2013? saya sudah lihat di sergur tapi data yang tampil data sekarang. nomor uk sudah tidak ada. makasih sebelumnya pak.

  2. eko suwirno Juni 7, 2011 pukul 12:20 am

    assalamuálaikum, pak engkos …
    salam kenal, kunjungan perdana …

  3. triono Juli 21, 2011 pukul 2:40 am

    Assalamu’alaikum…. pak untuk PLPG terakhir ko 28 juli-3 agustus saja untuk yang selanjutnya mana? udah di upload belum? aku cari kok ga ada.

  4. engkosdindikpora Juli 29, 2011 pukul 2:32 pm

    Alhamdulillah Kab. Pemalang sdh bisa mencairkan tunjangan profesi trw I dan 2

  5. smpnduabodeh@yahoo.co.id Agustus 18, 2011 pukul 8:31 pm

    Asslm…Pak Engkos.

    Pak, Daftar nama penerima tunjangan profesi atas nama instansi SMP Negeri 2 Bodeh, sudah kami kirimkan ke email pak engkos (engkos_tendik@yahoo.co.id). Matur nuwun

  6. Sri Ningsih September 2, 2011 pukul 11:57 am

    assalamualaikum pak,,mau tanya untuk jadwal PLPG guru SLB kapan ya? Mohon informasinya.. Maturnuwun..

  7. engkosdindikpora September 6, 2011 pukul 12:40 am

    Sama2, mohon maaf lahir bathin…

  8. toto nugroho September 20, 2011 pukul 12:57 am

    slamat pagi pak…maap pak mau nanya..untuk kelanjutan proses pendataan GTT yang kemarin (kategori 1 dan kategori 2 ) bagaimana pak????

  9. roro Oktober 6, 2011 pukul 4:01 am

    triwuna ke 3 kapan cair nih pak?

  10. s November 2, 2011 pukul 10:08 pm

    assalamuallaikum pak engkos, saya mau tanya kenapa guru sertifikasi tidak mau megang kelas VI kok malah Pengabdian itu gmn? Trims

  11. Herman saputra November 16, 2011 pukul 8:24 am

    Saya sagat senan bila pak presiden, mengatur indonesia ini dengan baik.supa rayak indonesia gk akan saling bermusuhan sesam nya. Karena dana yang di kasih, gk sampai ketujuan.kami harap semua dana bisa ter atur dengan baik pak presiden, yang kam bangakan atau kam hormati. Saya mohon maaf kalau ad kesilapan atau kekuragan wass..?dr herman saputra

  12. danyy November 30, 2011 pukul 7:49 am

    salam pak ….. mau tanya ….. data sergur 2012 untuk no nuptk punya kakak saya kok beda dengan diknas pusat mna yang betul pusat atau daerah………? terima kasih

  13. Anonymous Desember 1, 2011 pukul 5:05 pm

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Mohon di konfirmasi Data PNS SMK N 1 Ampelgading
    Data sergur di pusbangprodik yang udah lulus PLPG masih tercantum sampai bulan november 2011 agar ditinjau kembali supaya tdk double naming,
    no urut 384.Sugiastuti ,526. Halimah Sa’diyah, 561. Sofi , 606. Sucipto , 646. Rustoyo 891. Rino Widiyarso, 966. Ali Aminudin, 1025. Muh.Fuad
    wasalamu’alaikum wr. wb

  14. Anonymous Desember 12, 2011 pukul 9:03 am

    Maaf pa, mau nanya untuk informasi plpg yang gagal (TL) ujian ulangnya, apa bisa di ikutkan plpg untuk tahun 2012 nya, karena saya baca untuk peserta sergur tahun 2012 banyak yg sudah mengikuti porto folio nya dan sudah di nyatakan lulus… mohon penjelasanya pa,….. terimakasih….

  15. Prince lokajaya Desember 23, 2011 pukul 11:50 am

    Atur nuhun…kang

  16. Teguh Prayitno,S.Pd SD Januari 7, 2012 pukul 6:03 am

    MAAF PAK SAYA TEGUH PRAYITNO DARI SDN 03 PULOSARI,BALON SERGUR 2012 DALAM DAFTAR BALON SERGUR UNTUK USIA SUDAH BERUBAH MENJADI BENAR TAPI MASA KERJANYA BELUM BERUBAH MASIH TERTERA 09_11PADAHAL YANG BENAR 20_05 MHON DICEK KEMBALI,TERIMA KASIH

  17. slamet Januari 30, 2012 pukul 12:47 am

    pak untuk pencairan guru-guru SMA kapan ? mohon informasi atas perhatianya diucapkan terima kasih

  18. noor khalimin m Februari 10, 2012 pukul 7:43 am

    kami kebingungan untuk pengisian data pada Surat pernyataan pada bagian
    Mapel pada sertifikat pendidik : ………………………
    Secara nyata mengajar mata pelajaran …………………… dengan
    rincian sbb :

    untuk SD pengisian mata pelajaran ditulis semua apa cuma jam mengajar saja pak.
    SDN 01 Tanjungsari

  19. Sriwiyarti Februari 11, 2012 pukul 8:46 am

    ass.
    Pak engkos met kenal ,saya Sriwiyarti dari SDN 07 Kendaldoyong,mo nanya jadwal uji kompetensi awal (uka) sertifikasi 2012 kapan ya ? Ataukah langsung PLPG aja ? Makasih.
    Wass.

  20. pandusidik Februari 12, 2012 pukul 7:27 pm

    Assalam, Tambah SIP aja pa. blognya?

  21. Anonymous Februari 21, 2012 pukul 5:32 am

    maaf pak mau nanya, tunjangan profesi yang kuota th 2008 bulan juni th 2010 sampai hari ini kok belum cair, kenapa?

  22. ratna linada Februari 27, 2012 pukul 2:32 am

    tanggal 25 feb kemarin sudah ikut uka di jaktim sy dan teman teman dari mata pel mulok di smp seprti t busana, t boga,elektronik, dan plkj,disatukan dlm satu ruangan dengan soal yg sama yaitu : soal matpelajaran sbk dan tata busana , sehingga untuk mata pelajaran diuar sbk dan tata busana asal nebak mengerjakan nya , kata panitia yg buat soal bukan lpmp tapi dinas, pertanyaan ini uka serius apa main main sih apa trimakasih

  23. hendro Maret 6, 2012 pukul 1:10 pm

    pk engkos yang kuota 2008 jg ada yg blum dapat NRG pk……..

  24. Anonymous Maret 7, 2012 pukul 9:23 am

    maaf, ada beberapa teman kami guru SD di kec. moga yang belum terima rapel tunjangan sertifikasi. bgm pak? yaitu Takhuri (NUPTK: 0534 7306 3320 0003), Sri Purdiyatiningsih (NUPTK: 1351 7316 3330 0013), Komarudin (NUPTK: 1244 7436 4620 0023) trims. mohon balasannya.

  25. sumarti Maret 23, 2012 pukul 4:12 am

    bagaimana dengan peserta sertifikasi yang belum lulus ? apakah masih ada tes ulang ? balas, terima kasih.

  26. sandy wenaz Maret 24, 2012 pukul 2:56 am

    Yth. Bp Engkos Koeswara

    Hal : Hasil UKA 2012 Mulok B.Jawa SMK/SMA tdk ada yg lolos

    Pak Ngkos sya mau tanya nih, Pengumuman UKA 22 Maret yg lalu, semua peserta mulok B.Jawa tdk ada yg llos. Apakah ini ada kesalahan teknis?Krn Semua peserta Mulok B.Jawa SMK/SMA yg tdk llos. Brg kali trjdi slh kunci krn kode Mulok baik Pkk,Teknik, B.Jawa kok sama semua?Mohon Penjelasan. Trimakasih

    (Sarno, S.Pd/SMKN1 Petarukan)

  27. jarono Maret 24, 2012 pukul 9:05 am

    pak bagaimana permasalahan dlm kelulusan sertifikasi guru sd 2012
    pertama nama A yang lulus tapi kemudian setelah ada pengumuman dari diknas nama si A tidak muncul lagi bagaimana ini pak tolong dijelaskan tks.

  28. jarono Maret 24, 2012 pukul 9:16 am

    yth Bapak di Tempat
    saya ingin bertanya masalah tes UKA 2012 untuk wilayah bangka belitung(Bangka barat) ,pertama kami lihat di internet nama istri saya tercantum dlm kelulusan 80 orang tersebut, namun kemudian setelah ada informasi dari diknas di internet nama istri saya tdk tercantum lagi dari 80 peserta dari bangka barat ini bagaimana pak kami sebagai orang kecil mohon penjelasannya

  29. sandy wenaz Maret 28, 2012 pukul 12:57 am

    Yth. Pak Ngkos Koswara Yang baik Hati

    Tanya lg nih Pak, yang tdk lolos di UKA 2012 bgmn kelanjutanya??? Apa nantinya sekedar dibina atau ada remidi?Klo remidi apa hrs thn depan?Dan apakah harus mengulang dr registrasi awal lg atau lgs tes saja?Trimakasih

  30. Ginting April 9, 2012 pukul 4:37 am

    Pak Engkos..apakah Matapelajaran Muatan Lokal Elektronika SMP tidak didaftarkan ke Kemdiknas? Karena waktu Tes UKA tidak disediakan soalnya, sehingga kami harus memilih soal dari bid.studi yang lain seperti ada yg IPA, M.Matika,S.Budaya, Ketrampilan dll jadi kami guru-guru muatan lokal seolah-olah guru yanng dianaktirikan. Sehingga hasilnya udah pasti ada yanng engggak lulus seperti saya.padahal kalau ada soal elektronika smp pasti kami lulus semuanya karena udah diajarkan 11 tahun lebih, jadi saya sangat bermohon kepada bapak agar masalah ini bisa bapak buat solusinya bagi kami atau dites ulangpun kami siap asal soalnya Mulok Elektronika SMP. Trimaksaih .

  31. olga sd 2 kebondalem April 10, 2012 pukul 4:19 am

    Mohon tanya nama-nama nominasi penerima Sertifikasi anggaran 2012 tri wulan pertama.

  32. Eko Bambang EP April 11, 2012 pukul 4:01 pm

    Pak engkos, Terima kasih Informasi SPJ Tahap I Triwulan I.Tahun anggaran 2012.
    Sukses selalalu…

  33. olga sd 2 kebondalem April 16, 2012 pukul 4:23 am

    Mohon tanya pak..kira-kira jadwal PLPG sergur 2012 kapan ya? siap-siap..

  34. Anonymous Mei 15, 2012 pukul 1:51 am

    Yth. Bapak Engkos Koswara
    Dengan hormat,
    Memberitahukan bahwa terjadi kekeliruan No Peserta pada daftar nominasi pencairan tunjangan sertifikasi tahap 2 sebagai berikut:
    Nomor urut : 1226
    Nama : Sunaryo
    Tempat tugas : SMPN 2 Belik
    No Peserta yang salah : 08032708710352
    No Peserta yang benar : 08032708710350
    mohon diperbaiki. Terimakasih.
    naryo Su

  35. nuambowetan Mei 15, 2012 pukul 4:52 am

    Yth Pak Engkos
    Trimakasih informasinya. dan mohon Penjelasan sbb:
    Pada daftar nominasi pencairan tunjangan sertifikasi tahap 2
    – Apakah Verivikasi termasuk No Rekening yang tercantum dalam daftar ?
    – Bagaimana cara pembetulannya?
    – Jika No Rek tersebut memang DROPPING, bagaimana cara mendapatkannnya ?
    Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih .

  36. Purwanto Juni 5, 2012 pukul 1:22 am

    Yth.Pak Engkos mohon penjelasan rapelan sertifikasi rektur atas nama Ristutung,S.Pd.dg NUPTK 8044-7396-4120-0013 sudah kami tanyakan di bank tdk ada sementara yang lain sudah keluar..kami kira kira

  37. samsul Juni 22, 2012 pukul 3:08 pm

    ass. numpang tanya , saya pengunjung baru , kira-kira kapan pengumuman plpg tahap 2 unnes 2012?matur nuwun

  38. Budiyono Spdsd Juni 27, 2012 pukul 8:49 am

    daftar nomonatif triwulan 2 kok belum bisa diunduh, pripun niki .

  39. Winarsih Juni 29, 2012 pukul 1:12 pm

    Assalamu’alaikum.Pak,apakah masa wiyata bhakti guru didaerah lain dapat disambungkan dengan yang dipemalang sekarang?

  40. mas jo Juli 6, 2012 pukul 3:06 am

    ass wr wb pak kapan TU / tenaga kependidikan dapat sertifikasi ???????????

  41. sutanto Juli 9, 2012 pukul 12:13 pm

    mas engkos no peserta sertpksi saya salah dan udah diperbaiki kok di daftar ukg masih belum direvisi , gak mslh tuh mas ???

  42. fazari Juli 10, 2012 pukul 5:38 am

    pak engkos, saya mau liyat daftar UKG, tapi ngg bisa di buka……….?

  43. aji Juli 11, 2012 pukul 1:21 pm

    Maaf Pak, kekurangan tunjangan sertifikasi bulan juni tahun 2010 untuk kuota 2008 yang ber NIP 500, kapan cairnya ya Pak?

  44. rosinah Juli 21, 2012 pukul 4:21 am

    pak engkos password buat ukg, diberi atau di buat sendiri

  45. bq. suyathna Juli 21, 2012 pukul 5:50 pm

    bagaimana cara daftar ukg,,,,,?

  46. Aminah Ulfah Juli 22, 2012 pukul 10:47 am

    Apakah PPg bisa dilambil Non sertifikasi ?

  47. Sri Puji Setyawati Juli 23, 2012 pukul 12:57 am

    pak, minta informasi untuk pelaksanaan UKG tahun 2012 kec.Pemalang dimulai tanggal berapa sampai tanggal berapa? apakah lokasi pelaksanaan sesuai dengan data UKG yang saya download di blog ini? terimakasih

  48. abdul manap Juli 24, 2012 pukul 2:39 am

    Wilujeng saum kangge pak Engkos saren rencang anu aya di Kantor Dindikpora Pemalang. Mudah2an puasa urang sadaya ditampi ku Alloh SWT. Amin.

  49. Endang Septianti Juli 24, 2012 pukul 3:16 pm

    Pak, atas nama Ibu Endang Saptanti asal SMP N 2 Pemalang, no peserta : 6032708400004 salah. Yang benar : 07032709400885. Mohon dibetulkan. Trima kasih.

  50. Kasim Juli 29, 2012 pukul 3:38 pm

    Asalamualaikum. Pak Engkos, saya dapat sms dari teman katanya FSGI dan Ketum PGRI akan memboikot UKG yang dimulai tgl 30 Juli ini. Dan kami disuruh menyebarkan ke 5 orang agar cepat tersebar. Apa benar info itu pak engos. Dan SMS ini juga perintah dari pak engkos. Bisa dipertanggungjawabkan tidak ini pak? Wasss

  51. Casmo Hadi S. Agustus 6, 2012 pukul 9:28 am

    Saya mau tanya data NRG saya kok tidak tercantum dalam data nrg gabungan 2012.
    Nama : Casmo Hadi Santoso
    N I P : 19560605 197802 1 004
    Tempat Tugas : SDN 01 Tegalsari

    mohon dijelaskan dan minta dicantumkan. Terima kasih

  52. Sri Puji Setyawati Agustus 7, 2012 pukul 6:05 am

    pak,saya mau tanya untuk mencari kode ruang ujian ukg dimana?

  53. Listurwoco Agustus 8, 2012 pukul 4:44 am

    Yth Pak Engkos,
    mhn tanya, tgl 7 agustus 2012 sy ikut UKG gr kls SD gelombang 3 di SMAN I Pml, sy menemukan ada 4 soal Mtk yang TIDAK ADA alternatif jawaban yang benar(yg saya tahu), kemana sy harus mengadu? bukankah itu merugikan peserta UKG? mksh.

  54. suhari Agustus 8, 2012 pukul 11:48 am

    pak engkos mohon setelah selesai ukg prestasi/nilai yang diperoleh peserta diumumkan agar kita tahu dan mawas diri

  55. Abdul Manap Agustus 10, 2012 pukul 3:30 am

    Ukg telah selesai, hati ini rasanya plong dan sedikit santai, meskipun nilai yang kuraih belum memuaskan hate, sebab soalnya terlalu banyak dan hararese. Pak Engkos, sampaikan salam dari saya Abdul Manap di SDN 04 Majakerta UPPK Watukumpul untuk Bapak Mardiyanto, kasi Sarpras Dindikpora. Hatur nuhun

  56. Begawan Ciptaning Agustus 11, 2012 pukul 1:20 am

    yth, Pak Engkos
    mohon info, kapan hasil UKG kab. Pml diumumkan?

  57. edi bejo Agustus 11, 2012 pukul 4:24 am

    Pak untuk kegagalan saya (edi Bejo Belik ) tindak lanjutnya bagaimana.mtrnwn

  58. nasokhasdgundan Agustus 14, 2012 pukul 1:03 pm

    saya mau tanya.. apa benar kkm ukg 70??? bagaimana yang dibawah itu nasibnya????

  59. Abdul Manap September 12, 2012 pukul 3:49 am

    Yth. Bapak Engkos
    Abdi bade taros iraha tunjangan profesi triwulan III bade dibayarkeun?Atur nuhun

  60. sdn04tegalsari September 14, 2012 pukul 12:50 pm

    assalammualaikum Pak Engkos, terimakasih sgala infonya smoga tetap eksis…aaamiiin

  61. Abdul Manap September 25, 2012 pukul 1:21 pm

    Yth. Pak Engkos,
    Apakah nama peserta UKG yang tidak masuk di Daftar Peserta UKG Susulan (Tahap 2) berarti sudah lulus UKG, ataukah masih ada UKG susulan tahap berikutnya? Atas jawaban Bapak, saya ucapkan terima kasih.

  62. sdn04tegalsari Oktober 2, 2012 pukul 1:08 pm

    assalammualaikum pak engkos, salam kenal dengan kami penghuni sd pinggiran hutan. terimakasih smua infonya. kunjungan balik kami tunggu.

  63. aris Oktober 21, 2012 pukul 3:39 pm

    Assalammu’alaikum…Wr.Wb.Pak engkos data NUPTK saya masih D2 padahal saya sudah S1 TH 2011,kalau mau membetulkan ke siapa pak?makasih, wassalamm….

  64. priyanto21467 Oktober 26, 2012 pukul 5:15 pm

    Pak Engkos tolong di upload NRG yang lulus tahun 2011 dari SMK

  65. Kukuh Sugandi Oktober 30, 2012 pukul 2:11 am

    Assalamualaikum,
    Pak saya Kukuh Sugandi- SMP N 3 Taman.
    Mohon petunjuk terkait daftar guru yang belum bersertifikasi di link http://sergur.kemdiknas.go.id/sg13/
    Nama saya dan beberapa rekan lain belum terdaftar, padahal saya sdh memiliki NUPTK. Tindak lanjutnya bagaimana Pak?
    Terima kasih atas jawabannya.

  66. guruesde Oktober 31, 2012 pukul 11:23 am

    pagi Gan…met bersibuk ria.. smg Tuhan melindungi selalu. Amiinnn.
    http://guruesde.wordpress.com

  67. Ani P November 3, 2012 pukul 11:29 am

    Assalamualaikum, Pak Engkos. Mohon di revisi kembali data guru SDN 01 Mejagong yang masih tercantum dalam guru sertifkasi 2012:
    1. Guru yang sudah meninggal yaitu: Tulisah dan Riyanto.
    2. Guru yang sudah dapat sertifikasi yaitu: Wanti kunaenah, S. Pd.I. 3. Bukan guru SDN 01 Mejagong yaitu: Dra Yulisis
    4. Guru yang sudah ikut PLPG dah sudah lulus PLPG tahun 2012
    yaitu: OKtona Eko Putra dan Purwanto
    Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih

  68. espero2011 November 3, 2012 pukul 8:41 pm

    349 07032711400564 1861736639200002 Suparno, S.pd SMP N 2 COMAL SMP SMP N 1 BODEH 114 100 100GG000 Ilmu Pengetahuan Sosial 3729 SMP N 2 PEMALANG II 10.00 s.d. 12.30 WIB 14 133 sudah mengikuti ukg tahap 1 di SMP N2 PEMALANG MOHON dicek ulang ,terimakasih

  69. khirpaatin Desember 11, 2012 pukul 1:46 am

    pak engkos……jadwal UK KS kepala sekolah
    kok gak ada tanggalnya…….gimana pak engkos

  70. Sentir Foundation Desember 22, 2012 pukul 11:54 am

    Pak, saya mau tahu untuk berita seputar pendidikan Pemalang bisa saya dapatkan dimana ya?

    Terima Kasih.

    Yoga,
    Sentir Foundation

  71. sri purwanti Januari 2, 2013 pukul 5:23 am

    pak engkos, mau tanya
    saya mendapat sertifikasi tahun 2007, tapi sampai sekarang NRG saya belum ada. Bagaimana solusinya?

  72. udin Januari 3, 2013 pukul 1:11 am

    Ass. nnsw pak engkos, kami sdh merevisi dapodik yang ada pd data verifikasi ,tp kok masih tetap tdk terevisi ,trus gmn pak ? mhn petunjuknya.mtrnwn. wass.

  73. Sudirin Januari 7, 2013 pukul 2:43 pm

    assalamualaikum….
    pak mekanisme / cara mengupdate pengecekan data guru bagaimana…???

    saya sudah coba ngirim e-mail ke cekdataguru.dikdas@gmail.com
    terus jawabanya gini pak : “poin 20 Pastikan bahwa data Bapak/Ibu di aplikasi dapodik sudah Aktif (status Aktif – dalam pilihan kolom Status di Aplikasi Dapodik) karena apabila statusnya belum aktif, maka tidak bisa dilakukan mapping rombel sehingga tidak bisa dihitung Jumlah Jam Mengajarnya.”

    cara mengaktifkan aplikasi dapodik bagaimana … ???
    kan sudah login di http://116.66.201.163:8083/info.php
    apakah harus download aplikasi dapodik terlebih dahulu…???

    makasih dan wasalam…

  74. endra setiyani rahmawati Januari 12, 2013 pukul 2:17 am

    ass…
    maaf pak,saya mw tnya untuk pendaftaran nuptk gmn y pak?
    sya udah pengabdian 2 thn,tpi lom mndapatkan nuptk.terimakasih pak…

  75. TRIYANTO Januari 19, 2013 pukul 2:30 am

    Pak engkos gimana caranya, nama saya bisa masuk data guru belum sertifikasi padahal saya sudah punya NUPTK dan pengabdi dari tahun 2004, mohon jawabanya dan tata caranya bagainana pak?
    trimakasih sebelumnya atas jawabanya.

  76. Fazari Januari 21, 2013 pukul 5:04 am

    Pak minta contoh soal – soal PAI UN & Try Out. klo ada.. untuk latihan peserta didik. terima kasih.

  77. smp 1 comal Januari 21, 2013 pukul 7:23 am

    MOHON INFO DAFTAR NAMA CALON SERGUR 2013…minta penjelasannya pak !!!!

  78. SDN 07 RANDUDONGKAL Februari 14, 2013 pukul 3:46 am

    assalamualaiku’.
    pa minta contoh surat format A1,………..
    ada pa gak.
    trima kasih.

  79. Wiwik dwi handayani Februari 22, 2013 pukul 6:13 pm

    Met pagi p engkos n salam kenal…Mau tanya jdwal UK n tempat PLPG sertifikasi 2013 untuk mapel PKK pak..Maturnuwun

  80. Izam Februari 27, 2013 pukul 12:11 pm

    kalau mau cari NISN gimana caranya siech.,?

  81. erma udji setijawati Februari 28, 2013 pukul 3:14 am

    met pagi pa engkos, kapan daftar peserta PLPG 2013 ditampilkan ? trims

  82. erma udji setijawati Maret 20, 2013 pukul 4:04 pm

    pa daftar peserta ukg uka ko ga bisa dimunculkan?

  83. Darmanto Abu Salman Maret 27, 2013 pukul 1:13 am

    assalamualaikum,pak uji kompetensi guru untuk yang non pns itu untuk apa?
    dan kenapa banyak yang non pns masa kerjanya lebih banyak,tp tidak terdaftar?

  84. Budiman Maret 28, 2013 pukul 4:10 am

    kenapa saya belum masuk daftar peserta UKG 2013 padahal saya sudah mengirimkan data ke email bapak atas nama Budiman, S.Pd unit kerja SMP Negeri 3 Belik! mohon konfirmasinya

  85. SDN 07 RANDUDONGKAL Maret 28, 2013 pukul 5:21 am

    pak, bikin grup FB dong

  86. Abah. April 4, 2013 pukul 12:59 am

    Asalamualaikum Pak Engkos, Info dari Pak Engkos selalu saya tunggu. Mohon informasi tentang pencairan Tuser dari bulan juli 2012, dan bulan januari sampai maret 2013. Sampai sekarang belum ada kabarnya. Kapan turun pak? terima kasih. Wasalamualaikum

  87. Budi SMAN 1 Bodeh April 10, 2013 pukul 12:41 am

    Pak…. gmn caranya mengetahui sk sdh diterbitkan atau belum bagi calon penerima tunjangan sertifikasi tahun 2013 bagi guru SMA, saat ini yang sdh munculkan untuk SD itupun sulit dibuka.

  88. Abdul Manap April 21, 2013 pukul 5:44 pm

    Mudah-mudahan kekurangan tunjangan profesi satu bulan yang belum dibayar akan dibayarkan sekalian dengan tunjangan profesi triwulan pertama tahun 2013

  89. Abdul Manap April 23, 2013 pukul 1:51 am

    Assalamualaikum. Kumaha damang, pak Engkos? Mudah2an urang sadaya sehat wal afiat. Amin. Abdi bade taros iraha tunjangan profesi triwulan I tahun 2013 bade cair? Hatur nuhun. Wassalamualaikum.

  90. RINI April 29, 2013 pukul 5:48 am

    Assalamualaikum Pak Engkos, mau tanya kepastian tgl UKG 2013 kapan?

  91. DIONO Mei 1, 2013 pukul 11:36 am

    ASSALMUALAIKUM

  92. Nuniek Hermiyanti Mei 2, 2013 pukul 12:58 pm

    Assalamualaikum pak engkos…saya sudah cek untuk sk tunjangan fungsional nama dan no sk ada dan untuk bank penerima BRI tapi belum ada no rekeningnya<teman-teman khususnya pulosari bingung,karena yg di BNI langsung muncul SK dri pusat,nama dan no rekening.mohon penjelasannya

  93. SMP Negeri 4 Ulujami Mei 3, 2013 pukul 3:15 am

    Assalamualaikum Wr. Wb. Pak Engkos, untuk perbaikan Gaji Pokok tunjangan sertifikasi yang masih salah cara membetulkannya bagaimana Pak? Mohon penjelasaannya. Terima kasih. Wassalam

  94. Titi Suparti Mei 4, 2013 pukul 12:46 am

    Assalamualaikum Wr. Wb. Pak Engkos, di SMP Negeri 3 Ampelgading, ada 1 Nama yg tidak ada, baik di Siap SK, Susah SK ataupun di Masih edit data. Semua tidak ada. Mohon penjelasaannya. Terima kasih. Wassalam

  95. ambar Mei 11, 2013 pukul 6:19 am

    Ass… Pak.data saya kok blm berubah?apamsh ada kekurangan berkas?sblmnya aturnuhuuuuuuuun

  96. Abah Mei 13, 2013 pukul 8:52 am

    Asalamualaikum, Pak Engkos katanya Tunjangan serifikasi 2013 tri wulan 1 ini keluar antara tanggal 9 – 16 April 2013. Tapi sampai sekarang tanggal 13 Mei belum juga keluar. Sebenarnya ada apa sih pak?

  97. Kasim,S.Pd Mei 14, 2013 pukul 10:55 am

    Assalamualaikum wr, wb. Maaf pak Engkos, mau nanya lagi. Biasanya setelah tanda tangan SPJ, beberapa hari kemudian pasti keluar. Tapi ini kok lain ya, ini sudah tanggal 14 Mei 2013 Tuser belum juga keluar. Sehingga kami selalu tanda tanya dalam hati. Sementara daerah lain sudah keluar, mengapa Pemalang belum? Apa bedanya sih pak. Mestinya uang yang sudah ada harus segera diberikan kepada yang berhak dong pak. Jangan ditunda – tunda terus pak. Kesannya jadi kurang transparan ini pak. Seandainya keterlambatan itu hanya 1/2 hari, kami maklum. Tapi kami anggap ini sudah keterlaluan pak, karena sudah 2 bulan terlambat. Mestinya kami menerima tuser awal april 2013, tapi selalu diundur dan diundur terus. Tolong pak bantu kami ya. Maaf sebelumnya, dan terima kasih. Wassalamualaikum wr, wb.

    • engkosdindikpora Mei 15, 2013 pukul 3:18 am

      Kami sedikitpun tdk berniat menunda pencairan, tp gaji pokok di SK hampir semua salah ada yg kurang ada yg lebih kebanyakan kurang. Tadinya dg senang hati mau sy cairkan seadanya di SK walaupun kurang. Kira2 komplen ga kalo tunjangan kurang? Justru kami tdk mau merugikan para guru, gaji pokok kita perbaiki dulu. Hampir 3000an guru gaji pokoknya salah semua, makanya agak lambat tp mengurangi kesalahan. Kalau ini dianggap keterlaluan sialhkan sj komplain sm atasan sy, krn sy kerja tdk berjalan sendiri.

  98. johar Mei 29, 2013 pukul 2:49 am

    pak engkos bagaimana peluang yang masih edit data dalam dapodik

  99. sumiyati Juni 1, 2013 pukul 6:24 am

    Maaf Pak Kalau ambil kartu peserta UKG boleh diwakilkan atau harus ambil sendiri-sendiri?

  100. sdn4sikasur@gmail.com Juni 11, 2013 pukul 1:48 am

    Pak kalau ada Juknis ppdb 2013/2014 mohon dimuat. Nuwun

  101. evi Juni 12, 2013 pukul 5:34 am

    Pak mau tanya,, untuk pengumuman hasil ukg tanggal berapa ? dan online apa tidak?

  102. erma udji setijawati Juni 17, 2013 pukul 11:20 am

    maaf pa engkos, ada berita katanya pengumuman hasil UKG tgl 20 juni 2013… benar apa tidak ? trim

  103. sri lestari Juni 28, 2013 pukul 4:14 am

    met siang,pa…saya bu sri lestari…mo tanya…apa saya harus buka rekening randudongkal/pml…coz kemarin sertifikasi saya cairnya lewat BRI rddkl, sedang saya udah mutasi di tegal, tapi sertifikasi masih ikut kab. pemalang….(klo pindah bank, syaratnya apa saja , diserahkan kemana…mksh…

  104. cah gunung Juli 7, 2013 pukul 2:17 am

    Assalamualaikum, wr, wb
    Pak mohon maaf penetuan masa kerja dalam dalam sertifikasi guru (bagi PNS yang melalui tes umum tahun 2006) menggunakan SK CPNS atau honorer dari sekolah?
    dalam daftar banyak angkatan 2006 sampai sekarang yang menggunakan Masa kerja brdsrkan SK dari Sekolah, sehingga masuk menjadi peserta sertifikasi guru 2013, sedangkan saya memasukkan menggunakan SK CPNS karena hemat saya perekruta CPNS lewat jalur umum bukan honorer. Teman-teman 2006 banyak yang masuk jadi peserta sergur karena menggunakan sk sekolah, begitu juga teman-teman angktn 2010 banyak yang menggunakan sk sekolah sehingga bs masuk..
    mohon penjelasan tentang aturan yang dipakai, karena ini menimbulkan kecemburuan..
    terima kasih.

    • engkosdindikpora Juli 11, 2013 pukul 8:20 am

      Mengacu pada buku panduan sergur 2013, masa kerja dihitung dari tmt pertama menjadi guru….bukan dari tmt cpns atau pns dan tdk dijelaskan seorang guru pengankatan dari umum atau honorer. Jadi mungkin ada pemahaman yang salah tentang tmt guru.

  105. guruku Juli 7, 2013 pukul 3:03 am

    Siang Pak engkos.
    Dalam peserta sergur 2013 banyak temen satu angkatan dan angktn muda yang bisa masuk? saya tidak masuk (alasannya pengangkatan stlh 2005), tp teman2 yang angktn muda2 masuk..
    Apa ada pemalsuan data?
    mohon penjelasan dan tindak lanjut.. karena saya juga merasa cemburu..

  106. iin Juli 7, 2013 pukul 3:10 am

    Assalamualaikum, wr,wb.
    Pak engkos nasib saya sama dengan teman2 di atas, tidak masuk peserta sergur 2013 alasannya pnggktn sesudah 2005, tp temen2 masuk bgtu jg yg angktn muda2 masuk .. terima kasih Pak atas perhatiannya
    Wassalamualaikum, wr, wb

  107. baim Juli 7, 2013 pukul 6:39 am

    Umur 25 masa kerja 7 tahun, apa itu masuk akal….??????
    yang ga jujur yg bersangkutan atau operator Ap2sg kecamatan yang goblok

  108. baim Juli 7, 2013 pukul 6:41 am

    kapan sekolahnya…?????

  109. baim Juli 7, 2013 pukul 6:46 am

    mohon jalan keluarnya dan tindak lanjutnya pak engkos dan dindikpora agar tidak ada yang merasa dirugikan dan menimbulkan kecemburuan..
    terima kasih..

  110. sudirin Juli 10, 2013 pukul 10:16 am

    pak engkos mautanya yang PENERIMA KEKURANGAN TUNJANGAN PROFESI TAHUN 2012 cairnya kapan ???? hehehe… tgl berapa ???

  111. John Juli 11, 2013 pukul 11:52 am

    mohon usul untuk diadakan revisi data kembali

  112. Emi Juli 13, 2013 pukul 2:28 pm

    emi herowati, SMP N 1 MOGA
    pak, saya kemarin sudah ikut ukg online 2013 di SMA N 3 PEMALANG, tapi setelah melihat hasilya tertulis kelompok data : tidak hadir dalam ukg online 2013, padahal saya mengikuti ukg tersebut, mohon saran apa yang harus saya lakukan? terimakasih

  113. Kustiyati Juli 29, 2013 pukul 11:52 pm

    Selamat pagi Pak Engkos Koswara,
    Mau tanya nih tentang Lokasi Kegiatan PLPG 2013 apakah sudah dilihat atau diumumkan Oleh Panitia PLPG 2013. Mohon informasinya terima kasih

  114. Lutfiati Agustus 12, 2013 pukul 11:00 pm

    Kepada Yth Bapak engkos Koswara
    Mohon informasi apakah jadwal PLPG 2013 untuk rayon UNNES sudah turun atau belum, terima kasih.
    Lutfiati-SMK Negeri 1 Pemalang
    ( Email : lutfiatimuslimin@yahoo.co.id)

  115. Muhammad Anwar Kholiq Agustus 13, 2013 pukul 8:07 am

    siang bos……..anwar pulosari……mo nanya nih PLPG rayon Unnes jadwalnya belum ada ya bos……..tanks atas jawabannya…..

  116. KRIO September 7, 2013 pukul 2:09 am

    assalamualaikum………………………KRIO Petarukan…mau nanya susulan PLPG kpn tutupnya……

  117. KRIO September 7, 2013 pukul 2:13 am

    SAYA TMT 2005 kok belum masuk daftar PLPG naupun kuota sertifikasi

  118. asep Oktober 10, 2013 pukul 8:01 am

    Asskum, lam. kenal……..
    Saya masih tenaga honorer Negeri, apakah saya bisa ikutan UKG?

  119. SUFRANI Oktober 22, 2013 pukul 4:58 pm

    Assalamualaikum Pak Engkos minta solusinya, Saya menerima tunjangan SERGUR TIDAK SESUAI DENGAN GAJI POKOK SAYA, gaji pokok saya Rp 3.983.300. Uang yang saya terima per-triwulannya Rp 6,212.055. mohon pak agar saya menerima tunjangan tersebut sesuai dengan Gaji Pokok! atur nuhun !

  120. suhendi Oktober 27, 2013 pukul 3:23 pm

    Assalamuaalaikum Pak Engkos,…. Jika dana sergur yang saya terima tidak sesuai dengan gaji pokok, kemana saya harus mengadu agar dana sergur saya sesuai dengan gaji pokok. terima kasih infonya!

  121. deni utami Oktober 30, 2013 pukul 5:31 am

    ngapunten pak engkos mawu tanya pengumuman plpg tahap 4 unnes .suwun,

  122. enci November 2, 2013 pukul 2:46 pm

    Ass, pak saya mau tanya ttg dapodik untuk mengisi jjm kepsek sd dengan sertifikasi guru kelas bagaimana? Mengingat guru kelas di sd saya sdh lengkap 6 guru diluar kepsek. Apakah harus mengorbankan 1 guru kelas jjm nya diambil atau mapping mapel kelas tinggi. Mohon pencerahannya pak. Karena masih banyak operator yang masih ragu. Trims

  123. Mukhamad Khujer November 19, 2013 pukul 6:09 am

    Assalamualaikum Pa Engkos
    Pada Daftar AP2SG status kepegawaian salah (tertulis CPNS) seharusnya PNS. bagaimana cara membetulkannya. yaitu atas nama :
    1. MUKHAMAD KHUJER
    2. YULITA
    SD Negeri 05 Kejene.
    tadi dah ke UPPK, namun untuk mambetulkan itu ga bisa.

  124. Nasib Se November 21, 2013 pukul 7:40 am

    Ass… Pak, Saya mau nanyak, saya lulus plpg 2011 namun sampai sekarang NRG saya belum juga keluar, saya tanya k depag katanya ada kesalahan tetapi setelah saya tanyakan apa kesalahan gak pernah dijawab,

  125. BUDI November 22, 2013 pukul 1:28 pm

    Asslamualaikum….Udah GTY TMT 2005 tapi blm ikut UKG apa bisa masuk PLPG tahun 2014,,,mohon pencerahan

  126. TATI SUGIARTI Desember 9, 2013 pukul 4:18 am

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Pak mau tanya, saya yang bernama TATI SUGIARTI dari SD NEGERI 07 RANDUDONGKAL, kira – kira ikut PLPGnya kapan ?
    sudah S1 per 31 Maret 2013
    masa kerja 19 Th , usia 45 Th.
    mohon balasannya……..
    terima kasih…….

  127. erma udji s Desember 17, 2013 pukul 1:10 pm

    maaf pa engkos, kapan pengambilan sertifikat lulus sertifikasi 2013 ? dan dimana ambilnya ? trim

  128. rini Desember 23, 2013 pukul 1:36 pm

    kalo yg rayon unnes, khususnya guru PAUD pengambilan sertifikat lulus sertifikasinya kpn ya pak?

  129. yesi prasakti Desember 24, 2013 pukul 3:46 am

    pak saya sdh S1,pnya nuptk,sdh mengajar di TK hmpir 5 th..tp tmtnya stlh th 2005,ap saya bs ikt sertifikasi?????

  130. Khoirotun Nissa Imtihani Januari 6, 2014 pukul 9:12 am

    bagi peserta yang blum mngambil sertifikat pendidik pada tanggal 28 desember 2013, ambilnya dimana

  131. taokhid mansur Januari 10, 2014 pukul 12:48 am

    pak gaimana cara verifikasi yang mau ikut ukg 2014, trima kasih

    taokhid mansur ,mandiraja

  132. Kukuh Sugandi Januari 17, 2014 pukul 8:31 am

    Pak, mhn penjelasannya, apakah GTT SD bisa menjadi peserta sergur 2014? apa saja syarat2nya? terima kasih sebelumnya

  133. taokhid mansur Januari 21, 2014 pukul 3:09 pm

    :
    Pak, mhon penjelasan ,guru mapel ( B. Inggris) mengajar di smp dan di SD apa beban mengajarnya bisa digabung ? terima kasih .

  134. EVI BUDIASIH Januari 29, 2014 pukul 5:14 am

    Ass.
    saya atas nama EVI BUDIASIH
    guru SD NEGERI 07 RANDUDONGKAL
    mau tanya, setelah saya cek data di sergur, untuk masa kerja saya kok salah ya……..
    padahal saya sudah membetulkan di PADAMU NEGERI.

    mohon bantuannya pak ENGKOS.

  135. erma udji s Februari 6, 2014 pukul 3:38 am

    maf pa engkos……
    bagi guru yang telah dapat sertifikasi lulus plpg terus harus bagaimana…..? maturnuwun pa

  136. ibu q sayang Februari 13, 2014 pukul 7:23 am

    Asslmkum, Pak Engkos. Sy lihat smua komentar klo ndk ukg ya plpg ato sertifikasi. Sy hnya bs mbayangke enak bila dah jdi pns, pi ap dy takdir jdi pns msh dlm angn2. Sy seorang pengabdian bhkn hnya utk mendpt tunj. fungsional sj aq ndk bs meskipun saat ini aq sbg gr kelas rendah merangkap mulok 2 kelas. Tpi nyatanya jjm q hnya dpt 18 sj, krn dibagi utk ks q smntara mapel mulok q ndk bs masuk di data dapodikdas, itu kt admin q. Allah bisakah q wujudkan impian q bhgiakn ke 2 ortu q dgn keringat q sndiri, n membhgiakn ank2 q dgn perasan peluh q? Smoga ke 2 jagoan q kelak dimudahkan dalam sgala hal tercapai smua cita2nya. Aminnnnnn. Dan buat pak engkos smoga Allah slalu dberi kshatn utk ttp dpt mengemban tugas dengan baik. Amin

  137. budi Februari 16, 2014 pukul 3:08 pm

    Mohon petunjuk……bisakah jam ajar Mapel TKR dan mapel TSM uktuk SMK dapat disatukan untuk memenuhi jmlah jam sertifikasi……TKR dan TSM satu rumpun yaitu TEKNIK OTOMOTIF…

  138. khurin ain Maret 10, 2014 pukul 12:45 pm

    aslm,,,,pak mau tanya?q sbgai guru tk pengabdian thun 2006,,,kok blm pernah mndapatkn tunjngan ap pun,,,?

  139. suhendi Maret 10, 2014 pukul 4:23 pm

    ASSALAMUALAIKUM, PAK ENGKOS YANG BAIK, DI SD KAMI DAPODIK TAHUN PELAJARAN 2013/2014 SEMESTER 2,
    SETELAH KAMI CEK DI LAPORAN DAPODIK TEPATNYA BULAN JANUARI, FEBRUARI DAN MARET TIDAK AKTIF, KETERANGANNYA,

    INI DISEBABKAN OPERATORNYA KURANG SIGAP.

    BAGAIMANA SOLUSINYA AGAR GURU-GURU DAN KEPALA SEKOLAH PADA BULAN APRIL 2014 INI MENERIMA TUNJUNGAN SERTIFIKASI?

    TERIMASIH SEMOGA PAK ENGKOS CEPAT MEMBALAS ATAS PERTANYAAN KAMI INI

  140. sofyan Maret 11, 2014 pukul 3:15 pm

    As Wr Wb pak Engkos…pak untuk Mulok Elektronika SMP pada PLPG 2013 diikutkan di elektronika SMK tapi kenapa pada saat cek data PTK update 4 maret 2014, yang mana sebagai acuan penerbitan SKTP, data guru mulok elektronika SMP JJM linearnya nol (0) pak. Padahal pengikutan guru mulok keterampilan elektronika SMP mengacu pada lampiran 7 buku 1 pedoman penetapan peserta sertifikasi 2013….Trus nasib pencairan tunjangan sertifikasi guru mulok keterampilan elektronika bagaimana pak..?.., terimakasih.

  141. asti Maret 27, 2014 pukul 8:53 am

    ass…,, maaf pak mau tanya kepsek disekolah tmpt sya mngajar jjm linier kurang pak… seharusnya 6 diinfo ptk tertulis 4… update bsd 8 maret … apa msh bisa dperbaiki pak… wass

  142. sidoel Maret 28, 2014 pukul 1:43 am

    selamat pagi …..
    saya mau tanya pak,
    apakah file bsd perbaikan masih bisa dikirimkan melalui operator simtun kabupaten?

  143. ade April 3, 2014 pukul 2:39 pm

    Asalamualaikum, Pak Engkos saya mau curhat nih pak. Katanya kekurangan TFG satu bulan tahun 2012 mau dicairkan setelah ada pemeriksaan dari BPKP. pemeriksaannya sudah selesai belum pak? Sudah 2 tahun lo pak, kok nggak keluar itu sebenarnya uang kemana sih pak? Maaf ya pak, kalau mungkin kurang berkenan. Wasalamualaikum wr wb.

  144. abdul April 15, 2014 pukul 3:27 am

    asssalamualaikum,mo nanya nich klo cabang bank nya blm ada,trs gimana pk. trim & wassalam

  145. eyang kakung April 22, 2014 pukul 6:21 am

    pak bosssss,,,,,,,,,,dah haus nih…….kapan cairnya…..hehehe…….

  146. kakung April 30, 2014 pukul 1:59 am

    proses kok yo suwe men to boooooossssss………..???????????,…..

  147. Obat Tradisional Keputihan Mei 1, 2014 pukul 8:11 am

    Infonya sangat bagus gan.

    Di tunggu info Lainnya
    http://goo.gl/Z9x0TA

  148. Nurlaela Mei 10, 2014 pukul 7:14 am

    Pak, mau tanya dapodik sudah sinkron tgl 30-4-2014 dan diprogres pengiriman jg sdh ada,data juga sdh berubah tapi di cek PTK kok tetap ga berubah dan direkap data pra sk keterangannya masih edit data, mohon penjelasannya pak.nuwun…….

  149. SD N 05 KEJENE Juni 8, 2014 pukul 3:53 pm

    Pak, untuk PLPG Tahun ini, angkatan pertama kira-kira berangkatnya Bulan apa pak. trims

  150. tasoriori Juli 2, 2014 pukul 12:57 pm

    Assalm,Wr,Wb…..Pak Engkos Kapan SPJ Kekurangan yang 1 Bulan tahap 2 , mohon penjelasan Trimkasih..

  151. HANDOYO Juli 30, 2014 pukul 12:31 pm

    Assalamualaukum Wr.WB.

    Minal aidin Walfaizin, Mohon maaf lahir dan batin

    pak saya mohon pencerahannya ttg PLPG 2014 rayon UNNES:
    1. Prodi saya TSM (teknik Sepeda motor) kok di jadwal sistem blok yang bapak upload tdk ada adanya prodi TKR?
    2. Nama nama yang sudah tertera di website sergurkemendiknas yang sekarang.. dipastikan dapat undangan PLPG tahun ini tidak ? terimakasih

  152. krio September 13, 2014 pukul 4:12 am

    assalamualaikum………..
    PLPG tahap 3 pengumuman kelulusan mohon diupload,…jika dah ada..
    thanks…

  153. heri September 16, 2014 pukul 11:55 am

    Maaf pak saya mau tanya tentang guru yg mendapatkan bantuan provinsi,jadi turun apa tidak soalnya sudah lama sekali ko tidak turun.
    terimakasih

  154. Dwi jayanti September 24, 2014 pukul 6:27 am

    Ass..
    Pak saya mau tanya di SD NEGERI 01 Jatirejo ada 2 guru yg masa kerjanya bermasalah.
    Yang guru penjas masa kerjanya 24 tahun terus di LTD nya 22 th pak,stlah sya diperbaki dcek LTDnya malah ilang pak tidak ada masa kerjanya.
    Guru yang satunya jg sm pak spt t,mhon pak solusinya……????

  155. Mukhamad Khujer Desember 3, 2014 pukul 3:13 pm

    Assalamualaikum
    mau tanya pa, kapan sertifikat kelulusan PLPG 2014 dibagikan, dan bagaimana cara pengambilannya, kolektif apa diambil sendiri.
    ma kasih

  156. Ardi Desember 5, 2014 pukul 1:46 pm

    Pak ,Mau tanya .Bagaimana untuk kekurangan Gaji Pokok TPG Th.2013 yang selama 1 tahun gaji pokoknya masih dibayar dengan Gaji Pokok PP tahun 2012?

  157. kakung123 Desember 23, 2014 pukul 10:00 am

    sore bos……….rapel and sertifikasi reguler tw IV 2014 kok spjnya blum mncul2 bos…….hehehehe…….buat sangu mudik atuh gan…..

  158. EDAH JUBAEDAH Maret 4, 2015 pukul 11:17 am

    Pak bentuk surat pernyataan untuk PPGJ seperti apa?mohon jawabannya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 147 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: